Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/biroorg/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Bagian Tatalaksana dan Reformasi Birokrasi

Bagian Tatalaksana dan Reformasi Birokrasi
Bagian Tatalaksana dan Reformasi Birokrasi mempunyai tugas menyusun konsep bahan kebijakan, menyusun rencana program dan kegiatan, penyusunan prosedur dan pembahasan ketatalaksanaan dan Reformasi Birokrasi Perangkat Daerah,fasilitasi, koordinasi, monitoring, evaluasi serta pelaporan pelaksanaan program kegiatan di Bidang Tatalaksana dan Reformasi Birokrasi. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Bagian Tatalaksana dan Reformasi Birokrasi menjalankan fungsi antara lain :

a.    penyusunan bahan perumusan kebijakan, rencana program dan kegiatan bidang ketatalaksanaan dan reformasi birokrasi
b.    penyusunan bahan telaahan, penyempurnaan, dan bahan fasilitasi;
c.    penyusunan bahan pembaharuan tata kerja dan sistem kerja perangkat daerah;
d.    penyusunan bahan pembinaan dan juknis pelaksanaan standarisasi dan budaya kerja, akuntabilitas dan evaluasi kinerja, reformasi birokrasi, dan pelayanan publik;
e.    penyusunan bahan fasilitasi dan koordinasi, monitoring dan evaluasi bidang tatalaksana dan reformasi birokrasi.

Bagian Tatalaksana dan Reformasi Birokrasi  terdiri dari 3 sub bagian yang dipimpin oleh kepala sub bagian, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian Tatalaksana dan Reformasi Birokrasi . Rincian tugas pokok dan fungsi masing-masing sub bagian adalah sebagai berikut :

(1)  Sub bagian Standarisasi dan Budaya Kerja
Subbagian Standarisasi dan Budaya Kerja mempunyai tugas menyusun rencana program dan kegiatan, menghimpun bahan pembinaan dan petunjuk teknis sasaran tugas bidang standarisasi, sistem dan prosedur kerja, menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan, evaluasi dan pelaporan di bidang
standarisasi dan Budaya Kerja;
Rincian tugas Subbagian Standarisasi dan Budaya Kerja adalah sebagai berikut :

  • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan umum Perda dibidang standarisasi dan budaya kerja;
  • menyiapkan bahan menyusun rencana program kegiatan Subbagian Standarisasi dan Budaya Kerja instansi pemerintah berdasarkan RPJMN, RPJMD, Renstra berupa: RKA, DPA, dan Renja berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • menyiapkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis pelaksanaan Standarisasi, dan Budaya Kerja;
  • menyiapkan bahan kajian, pembinaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas budaya kerja (SP, SOP, SPM)
  • Menyelenggarakan koordinasi penanganan dan penyelesaian laporan DESK Pengaduan Pelayanan Publik:

1.    Pembentukan DESK pada masing-masing SKPD yang melaksanakan pelayanan publik
2.    Menerima laporan tingkat penyelesaian aduan masyarakat dari SKPD;
3.    Membuat rekapitulasi tingkat penyelesaian aduan pelayanan publik yang diterima dari semua SKPD;
4.    Melaporkan kepada Gubernur NTB selaku pembina Desk Layanan Aduan Masyarakat (per triwulan)

  • Menyiapkan bahan pembuatan laporan hasil pelaksanaan program kegiatan Subbag Standarisasi Kerja dan Budaya Kerja baik secara bulanan, triwulanan, semester dan tahunan.
  • menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai bahan evaluasi dan pengambilan kebijakan pimpinan;
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

(2)   Sub Bagian Akuntabilitas dan Evaluasi Kinerja
Sub Bagian Akuntabilitas dan Evaluasi Kinerja mempunyai tugas menyusun rencana program dan kegiatan, mengumpulkan bahan pembinaan dan juknis pelaksanaan tugas dibidang akuntabilitas dan evaluasi kinerja, menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan, evaluasi dan pelaporan dibidang akuntabilitas dan evaluasi kinerja instansi pemerintah.
Rincian tugas Sub Bagian Akuntabilitas dan Evaluasi Kinerja adalah sebagai berikut :

  • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan umum Perda di bidang Akuntabilitas dan evaluasi kinerja instansi pemerintah;
  • Menyusun rencana progran dan kegiatan Subbagian Akuntabilitas dan Evaluasi Kinerja berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis pelaksanaan bidang akuntabilitas dan evaluasi kinerja;
  • Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk Perjanjian Kinerja (PK), Rencana Aksi Kinerja (RKT) dan LkjIP/LAKIP Provinsi dan Biro Organisasi;
  • Menyiapkan bahan pembinaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanan tugas akuntabilitas dan evaluasi kinerja;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan.

(3) Sub Bagian Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik
Sub Bagian Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik  mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan perumusan kebijakan, penyusunan rencana program dan kegiatan, menyiapkan bahan koordinasi, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan di bidang reformasi birokrasi dan pelayanan publik.
Rincian tugas Sub Bagian Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publikadalah sebagai berikut :

  • Menyiapkan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan dibidang reformasi birokrasi dan pelayanan publik;
  • Menyusun bahan rencana program dan kegiatan Subbagian Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan
  • Menyiapkan bahan peningkatan kapasitas penyelenggaraan pelayanan publik, penguatan sistem pengaduan masyarakat yang efektif dan terintegrasi, serta peningkatan transparansi dan tindaklanjut permasalahan pelayanan publik;
  • Menyiapkan bahan penyelenggaraan koordinasi dan fasilitasi reformasi birokrasi dan pengembangan pelayanan publik serta pengendalian kualitas pelayanan publik;
  • Menyiapkan bahan pengembangan sistem informasi pelayanan publik melalui pengembangan sistem informasi pelayanan publik (SINOVIK) dan penanganan pengaduan masyarakat, serta penguatan inovasi pelayanan publik;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan.