Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/biroorg/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Kunjungan Lapangan terkait Pelayanan Publik

Kepala Biro Organisasi Setda Prov NTB melakukan kunjungan lapangan terkait kepatuhan OPD lingkup Provinsi untuk menyediakan prasyarat layanan publik yg memenuhi standard yg berlaku. Sebagaimana diketahui bahwa dalam rapat pimpinan baru lalu yg dipimpin oleh Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi menyoroti masih ada beberapa OPD yang memiliki standar pelayanan publik yang masih dalam kategori rendah. Gubernur TGB dalam dalam tersebut meminta agar OPD yang nilai pelayanan publiknya msh rendah agar pada periode penilaian oleh Ombushment berikutnya harus menjadi lebih baik. Beliau mematok bahkan angka 85 diatas poin 81 yg menjadi batas passing grade ZONE hijau. Saat ini nilai kesiapan pelayanan publik Prov ntb baru mencapai Angka 73,96. Setidaknya ada 4 OPD yg masih Perlu meningkatkan prasyarat layanan publiknya yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan. Guna mengawal dan memastikan setiap item pelayanan publik di ke 4 OPD ini biro organisasi Setda Prov NTB datang berkunjung ke masing2 OPD tsb untuk saling mengingatkan sekaligus memantau progress prasyarat2 pelayanan publik yang sdh dibenahi oleh OPD pasca rapim bulan yg lalu. Dari hasil koordinasi dan pemantauan progress lapangan ini kita dapat mensimulasi kan kira2 berapa nilai prasyarat layanan publik yg kita siapkan bisa kita peroleh. InsyaAlloh dengan melihat dua OPD yg telah dikunjungi pada hati Senin kemarin 10/7 nilai kota bisa lebih baik dibanding tahun sebelumnya. OPD yg pertama di kunjungi adalah Dinas Kesehatan. OPD yg berada di bilangan karang sukun ini memiliki 10 jenis layanan yg nampak sdh berbenah. Mulai dari papan jenis layanan, visi-misi, syarat layanan serta berbagai kelengkapan lainnya nampak terpampang mulai dari luar gedung hingga ke dalam ruang layanan publik. Dengan di antar sekretaris dinas kesehatan, tim biro Organisasi yg dipimpin langsung oleh karo Organisasi dan turut mendampingi Kabag Tata Laksana dan Reformasi Birokrasi beserta para Kasubag melihat kesiapan tiap unit layanan tersebut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Secara umum kondisi yang terpantau sdh cukup baik namun masih perlu ada beberapa item yg Harus di sempurnakan Diantarannya biaya layanan harus terpampang jelas, papan petunjuk arah, nama ruang aduan, kotak aduan meskipun sdh ada sistem online dan jg kotak pengumpan leaflet brosur dalam tuang tunggu termasuk jg penyiapan peralatan kursi roda ataupun tongkat di area pintu masuk bagi para disibilitas. Kebersihan, kerapian dan keamanan tempat layanan juga sdh nampak terpenuhi.

        
Pada sesi kedua hari yg sama kemarin juga dilakukan kunjungan lapangan ke dinas sosial. Di dinas yg mempunyai 5 jenis layanan ini kembali tim ingin memastikan Dr dekat kesiapan yg telah dilakukan oleh dinas sosial terkait pemberian layanan ini.di temani sekretaris dinas sosial, tim ber keliling ke ruang-ruang pelayanan dan nampak dijumpai hal yg sama dengan dinas kesehatan meski sdh nampak perbaikan dr situasi sebelum rapim baru lalu. Disini tim meminta agar ruang tunggu lebih dekat dengan ruang pelayanan, ada pengumuman mengenai jenis layanan di bagian depan ktr beserta komitmen layanan.. kemudian perlu dilengkapi tanda penunjuk arah dan juga di dalam ruang layanan harus di buatkan papan nama di meja layanan sehingga ini memudahkan masyarakat Kemana mereka harus meminta layanan. Dibagian akhir kunjungan tentu tim berpesan agar di dua OPD ini terus berupaya seoptimal mungkin memenuhi prasyarat layanan publik agar masyarakat mengetahui, dapat meminta layanan dengan mudah dan cepat. Semoga ikhtiar semua OPD dalam memberi pelayanan publik kepada masyarakat akan semakin baik di masa mendatang dan besok Selasa 11 Juli tim akan melanjutkan kunjungan lapangan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.@RoOrgan2017