Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/biroorg/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

PEMPROV EVALUASI 92 UPT

Pemrov NTB dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi terhadap keberadaan 92 UPT Provinsi NTB. Ke 92 UPT tersebut terdiri dari 78 UPTD dan 14 UPTB. Evaluasi UPT dilaksanakan sesuai amanat Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan Unit pelaksana Teknis Daerah.

Saat ini tim evaluasi Pemprov sedang menyiapkan perangkat termasuk pedoman pelaksanaan evaluasi. Berdasarkan aturan, UPT dilakukan evaluasi setelah 6 bulan berjalan, apakah efektif atau tidak. Begitu juga pembentukannya, apakah sudah sesuai dengan kriteria pembentukan sebagaimana amanat Permendagri Nomor 12 Tahun 2017.

Pembentukan UPT harus dilengkapi dengan dokumen hasil kajian akademis dan dokumen analisis rasio belanja pegawai. Selain itu harus memenuhi 7 kriteria pembentukan sesuai Permendagri yaitu: Pertama, melaksanakan kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang tertentu dari urusan Pemerintahan yang bersifat pelaksanaan dan menjadi tanggungjawab dari dinas/badan instansi induknya. Kedua, penyediaan barang dan/atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat dan/atau oleh perangkat daerah lain yang berlangsung secara terus menerus. Ketiga, memberikan kontribusi dan manfaat langsung dan nyata kepada masyarakat dan/atau dalam penyelenggaraan pemerintahan. Keempat, tersedianya sumber daya yang meliputi pegawai, pembiayaan, sarana dan prasarana. Kelima, tersedianya jabatan fungsional teknis sesuai dengan tugas dan fungsi UPT yang bersangkutan. Keenam, memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam melaksanakan tugas teknis operasional tertentu dan/atau tugas teknisĀ  penunjang tertentu. Ketujuh, memperhatikan keserasian hubungan antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota. (sahar)