Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/biroorg/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

YANLIK HARUS ZONE HIJAU

Mataram. Selasa 4 Juli 2017, Karo Orgnisasi Setda Provinsi NTB Yusron Hadi bersama Jajarannya melakukan kunjungan silaturrahmi ke Ombudsman NTB. Dalam kunjungan sialutrahmi tersebut Karo Organisasi dan jajaran diterima langsung oleh Ketua Ombudsman NTB Adhar Hakim bersama staf. Menurut Yusron maksud silaturrahmi ke Ombudsman adalah membangun komunikasi untuk kelancaran pelaksanaan  tugas koordinasi dan kerjasama Pemerintah Provinsi NTB dengan Ombudsman NTB dalam mengawal implementasi pelayanan publik (Yanlik) di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB, sehingga Zone Hijau pelayanan publik dapat terwujud.

          Pelayanan publik menjadi satu entitas penting dalam penyelenggaraan roda Pemerintahan dan Pembangunan di seluruh level Pemerintahan yang ada mulai dari Pemerintah Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Pemerintah Pusat. Berbagai Perangkat Daerah diharapkan mampu menjalankan fungsi-fungsi pelayanan publik secara maksimal, jelas mantan Karo Humas ini.

         Lebih lanjut, dalam rangka memetakan kondisi terkini terhadap persoalan yang dihadapi dalam memberikan pelayanan publik, Pemerintah Provinsi NTB tentu dipandang penting untuk membangun kerjasama dalam menyempurnakan berbagai bentuk pelayanan publik. Untuk terwujudnya hal tersebut Karo Organisasi bersama jajarannya terus meningkatkan koordinasi, kolaborasi dan kemitraan dengan berbagai stakeholders termasuk Ombudsman NTB dalam rangka mengawal bersama-sama peningkatan kualitas pelayanan publik ke arah yang lebih baik.

        Pada aspek yang lebih jauh, peningkatan pelayanan publik akan sangat berdampak terhadap pencapaian target-target pencapaian pembangunan daerah. Terget tersebut berkorelasi positif dan langsung menyentuh visi dan misi Pembangunan NTB  sebagaimana telah ditetapkan dalam RPJMD 2013-2018 Provinsi NTB.

        Mendalami dan mencermati berbagai kepentingan itu semua jelas Yusron, tentu Biro Organisasi sesuai amanah yang diberikan, akan mengawal pelaksanaan pelayanan publik di lingkup Pemerintah Provinsi NTB dengan sungguh-sungguh, dan memastikan bentuk dan kualitas pelayanan publik diberbagai Perangkat Daerah yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi NTB dapat berjalan secara optimal. Untuk mencapai hal tersebut tentu didukung oleh pimpinan Perangkat Daerah baik lingkup Dinas maupun lingkup teknis lainnya. Selain itu kemitraan dengan stakeholder dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mengawal, mengontrol dan menjamin bahwa pelayanan publik harus dilaksanakan dengan baik. Hal ini penting karena fungsi pemerintah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggungjawab dan amanah. harapnya.

         Karo Organisai memberikan ilustrasi, pada tahun 2016 yang baru lalu kualitas pelayanan publik di Provinsi NTB mencapai 73,92 masuk dalam katagori kuning. Insya Allah berkat kerjasama Pemerintah Provinsi NTB dengan seluruh mitra pemerintah dan masyarakat kedepan minimal bisa dicapai 80 bahkan sesuai direktif Bapak Gubernur NTB diikhtiarkan 85 ucapnya. Untuk mencapai itu jelas Yusron beberapa upaya dilakukan diantaranya memetakan kembali Perangkat Daerah yang telah memberikan kontribusi yang lebih baik dalam pelayanan publik NTB, memastikan kembali unit-unit yang belum terpenuhi untuk bersama-sama dicarikan solusi dalam membenahi sehingga betul-betul dapat diatasi dan memperbaiki nilai pelayanan publik yang diberikan Pemerintah ke depan. Diharapkan dengan upaya dan ikhtiar tersebut pelayanan publik bisa lebih baik dan mendapatkan predikat nilai di atas angka 80, Insya Allah dapat terwujud, ungkap Yusron. (sahar)