Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/biroorg/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

LOBAR - PROVINSI PERKUAT e-GOV MELALUI SISTEM APLIKASI

Lombok Barat, Kepala Biro Organisasi Yusron Hadi saat bersilaturrahim dengan Kabag Organisasi Kabupaten Lobar  mengajak Kabag Organisasi Lobar Syamsul untuk bersama-sama memperkuat implementasi sistem aplikasi, dalam upaya peningkatan e-Government di Provinsi NTB dan Kabupaten/Kota.  Sistem aplikasi e-Government yang dibangun dan dikembangkan seperti  e-SAKIP, e-LAPOR, e-ANJABK, e-LAKIP dan beberapa sistem aplikasi terkait pelayanan publik lainnya. Silaturrahim Karo Organisasi diterima Kabag Organisasi Syamsul dan Pejabat Bagian Organisasi liannya di Ruang Kerja Kabag Organisasi, 25/7/2017.

Menurut Karo Organisasi membangun dan mengembangkan sistem aplikasi ini  sangat penting dan strategis agar bagaimana dokumen-dokumen yang dibuat di Biro maupun Bagian Organiasi selama ini dapat sebaik mungkin dikerjakan dengan sistem elektronik. Sistem yang dibangun di NTB untuk sementara ini akan mangadopsi sistem yang telah dibangun oleh Kota Bandung. Karena sistem aplikasi sistem yang dibangun ini lebih dari 3 maka kita akan mencoba secara formal untuk membangun kolaborasi kerjasama dalam bentuk MoU dengan Pemerintah Kota Bandung, jelasnya.

Sementara itu Kabag Organisasi Lombok Barat – Syamsul menyampaikan terima kasih atas silaturrahimnya Biro Organisasi ke Bagian Organisasi Kabupaten Lobar. Karo Organisasi adalah teman lama dan itu yang sangat saya syukuri.  Dengan hadirnya Karo Organiasi ini semakin kuat komunikasi kita antara Provinsi dengan Kabupaten Lobar, jelasnya. Forum komunikasi ortal antar Bagian Organisasi dan Biro Organiasi sempat terhenti ketika Karo lama keluar. Harapan saya dengan adanya teman lama sebagai Karo Organisasi forum ortal ini bisa di hidupkan lagi sehingga komunikasi lewat media sosial dapat lebih hidup lagi dan bisa bertukar pikiran secara intens antara Kabupaten/Kota dengan Provinsi, harapnya.

Kabag Organisasi memberikan ilustrasi bahwa banyak yang memandang bagian organisasi adalah unit kerja yang kurang diminati oleh ASN, tatapi sesungguhnya unit kerja organisasi itu adalah unit kerja yang sangat strategis karena di Bagian Organiasilah lembaga yang menganalisis terkait dengan Lembaga Perangkat Daerah, Tatalaksana dan Analisis Jabatan, ungkapnya.

Terkait MoU yang dikerjasamakan antara Pemerintah Kabupaten Lobar dengan Kota Bandung, sesuai Kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Lobar dengan Pemerintah Kota Bandung Nomor 11 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pembangunan Daerah, ada 9 program kerjasama pembangunan daerah. Ruang lingkup kesepakatan itu meliputi pertama, Pengembangan Smart City; kedua, pengembangan ekonomi kreatif; ketiga, pengembangan sumber daya manusia; keempat, perencanaan daerah; kelima kebudayaan dan pariwisata; keenam, promosi dan pengembangan industri, perdagangan dan investasi; ketujuh, kebersihan dan pertamanan; kedelapan, peningkatan jejaring daerah untuk percepatan implementasi kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam penyediaan infrastruktur; dan kesembilan bidang-bidang lain yang disepakati bersama sesuai dengan kenutuhan para pihak. Pelaksanaan kesepakatan bersama ini ditindaklanjuti dengan Perjanjain ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama yang lebih teknis dan operasional, tambahnya.   

         Bagian Organisasi meminta Biro Organisasi dapat memfasilitasi dan menginisiasi agar Kepala Bagian Organisasi Kabupaten/kota dapat dihadirkan di Provinsi untuk menyatukan pemahaman dan pandangan terkait dengan Pembentukan UPT Kabupaten/Kota sesuai amanat Permendagri Nomor 12 Tahun 2017.  Karena menurut pemandangannya dengan adanya Permendagri 12 ini masing-masing Kabupaten/Kota mempunyai pandangan yang berbeda terhadap UPT yang akan dibentuk. Untuk menemukan keseragaman dalam pembentukan UPT ia meminta Pemerintah Provinsi NTB mengundang Bagian Organisasi Kabupaten/Kota. Dan ini segera karena bulan Oktober 2017 pembentukan UPT di Kabupaten/Kota sudah rampung, harapnya.  (sahar)