Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/biroorg/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

ASDEP YANLIK KEMENPAN DAN RB : YANLIK NTB SEMOGA YANG TERBAIK

Tim Evaluasi Pelayanan Publik (Yanlik) Kemenpan dan RB turun ke Provinsi NTB. Sesuai agenda tim evaluasi Yanlik pusat ini berada di NTB selama 5 (lima) hari.  Sebelum melakukan evaluasi Yanlik di Kabupaten/Kota, tim evaluasi Pusat melaksanakan evaluasi di Provinsi. SKPD pemberi Yanlik dengan fokus yang disambangi pada Kantor DPM-PTSP Provinsi NTB. Selain itu secara maraton mereka juga mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram, Badan Pertanahan Kota Mataram, RSUD Kota Mataram, Kantor Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Kota Mataram, Polres Kota Mataram, Kantor BPOM Kota Mataram dan  SKPD pemberi Yanlik strategis lainnya.  

Sebelum bertemu Kapolres Mataram, tim evaluator Yanlik melakukan kunjungan ke beberapa tempat pelayanan yang diberikan oleh Polres Mataram antara lain  ke Layanan pembuatan SIM, Samsat, ruang tahanan Polres Mataram, dan beberapa tempat layanan strategis lainnya. 

Dalam penjelasannya dihadapan pejabat dan media massa Jeffrey mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program dari Kemenpan dan RB untuk melakukan evaluasi pelayanan publik. Evaluasi dilakukan di seluruh Indonesia termasuk NTB. Kegiatan ini salah satu dari Mandat Presiden RI Jowo Widodo dengan program Nawacita, dimana dalam program nawacita itu adalah keberadaan Pemerintah (ASN dan Polisi) di tengah masyarakat .  Nah pelayanan-pelayanan inilah yang diharapkan oleh masyarakat, dimana masyarakat mengharapkan  Pemerintah harus berada ditengah-tengah masyarakat.  Kata Jeffey saat dikonfirmasi Wartawan usai bertemu dengan Kapolres dan Jajaran di Ruang Kapolres 3/8-2017.  

Ikut larut dalam pertemuan yang sifatnya tertutup itu selain tim evaluator Pusat  yang dikomandai oleh Asdep Pelayanan Publik Kemenpan dan RB – Bapak Jeffrey Erlan juga hadir Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi NTB – Yusron Hadi, Kapolres Mataram – AKBP Muhammad, S.I.K, Waka Polres Mataram – Kompol I Made Baduarsa, S.H, M.H,  dan beberapa jajaran Polres Mataram lainnya.

Menurut Jeffrey, wajar masyarakat menuntut leyanan terbaik kepada Pemerintah, karena mereka sudah membayar pajak. Bukti layanan terbaik itu seperti layanan yang mudah, cepat dan murah.  Inilah yang menjadi ukuran bagi Pemerintah dalam memberikan pelayanan, ujarnya.

Lebih lanjut, sekarang ini sudah banyak terjadi perubahan-perubahan dalam memberikan Yanlik. Begitu juga perkembangan-perkembangan melalui media sosial.  Selama dua tahun dilakukan evaluasi di NTB termasuk di Polres Mataram. Ini adalah salah satu yang terbaik diantara 59 Kapolres atau Provinsi seluruh Indonesia. Ini berkat usaha keras  dari Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Polres beserta Jajaran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Layanan yang diberikan, semua sudah menggunakan sistem aplikasi online, sehingga masyarakat tidak usah datang ke tempata pemberi layanan seperti Polres, cukup dari rumah atau dimana saja dengan membuka sistem dari jauh mereka bisa dilayani, tinggal di Polres di verifikasi kalau syarat sudah dianggap cukup - selesai, ungkapnya dengan bangga.

Menurut Asdep Yanlik Kemenpan dan RB, pelayanan publik yang diberikan Polres Mataram sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari satu atau dua tahun yang lalu masuk dalam katagori baik, saat ini setelah dilakukan evaluasi kembali progressnya atau perkembangannya sangat baik. Ini dapat kita lihat dari inovasi-inovasi yang diciptakan oleh Polres Kota Mataram seperti SIOMA  (Sistem online Mataram), cetusnya.

Masyarakat atau siapapun yang datang, tidak saja dari kota Mataram akan tetapi juga dari luar Kota Mataram SIM-nya sudah habis, datang ke Kota Mataram dalam hitungan menit SIM-nya bisa diperpanjang.

Terhadap Yanlik yang diberikan oleh Polres Mataram dan SKPD lainnya Pemerintah melalu Kemenpan dan RB akan memberikan penghargaan atas kesuksesan dan kemajuan dalam memberikan Yanlik kepada masyarakat.

Dalam penilaian ini, semua dilihat tidak saja dari sisi pelayanan akan tetapi juga dari segi sarana dan prasarana pendukung yang disiapkan/diberikan oleh penyedia Yanlik.  Dalam evaluasi Yanlik ini menurut Asdep ada 6 komponen besar yang dinilai secara utuh. Keenam komponen itu antara lain yang dilihat mulai dari sistem yang sudah terkoneksi secara nasional, personalia, sarana, prasarana yang ada dan fasilitas pendukung lainnya.

Hasil dari evaluasi Yanlik ini nantinya akan dievaluasi dan dioleh kembalik oleh tim evaluasi Yanlik dari Pusat, dengan menggunakan tiga form dari Kemenpan dan RB. Ketiga formulir itu adalah Formulir F1 yang diisi oleh penyelenggara, Formulir F2 diisi oleh Evaluator dari Kemenpan dan RB, dan Formulir F3 diisi berdasarkan hasil survei dari masyarakat.  Ketiga hasil penilaian ini akan dioleh oleh tim akan hasilnya akan menjadi nilai komposit yang dilaporkan secara berjenjang kepada Kapolri. Hasil ini akan dipresentasikan di hadapan Kapolri dengan dihadiri oleh seluruh perwakilan dari masing-masing Provinsi termasuk para Kapolres di Indonesia. Hasil ini nantinnya dapat dijadikan sebagai umpan balik untuk dilakukan perbaikan-perbaikan  secara internal di masing-masing daerah, ungkapnya.  (Sahar)