Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/biroorg/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

e-KINERJA DITERAPKAN 2018

BIRO ORGANISASI, Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ir. H. Rosiady Sayuti, M.Sc.Ph.D memerintah kepada Karo Organisasi dan BKD Provinsi NTB agar penerapan sistem Aplikasi e-Kinerja dapat diterapkan tahun 2018. Sebenarnya e-Kinerja sudah diterapkan tahun 2017, namun kelengkapan pendukungnya belum lengkap. Saya minta Biro Organisasi bersama BKD agar dapat melengkapi segala kekurangan yang tekait dengan kelengkapan penerapan sistem aplikasi e-Kinerja. Demikian perintah Pak Sekda dalam arahannya di hadapan seluruh ASN lingkup Setda Provinsi NTB di Lapangan Bumi Gora 7/8-2017 saat memimpin Apel Pagi.

Penerapan aplikasi e-Kinerja ini sangat penting sebagai alat kontrol bagi seluruh ASN lingkup Provinsi NTB, sehingga jelas mana PNS yang rajin dan PNS yang malas. Dengan penerapan e-Kinerja dapat terlihat dengan jelas PNS yang berkinerja dan tidak berkinerja. Bagi PNS yang malas atau tidak berkinerja, didalam sistem itu bisa kelihatan dan langsung juga nampak tunjangan kinerjanya. Begitu juga bagi PNS yang rajin atau berkinerja, tambah Rosiady mengingatkan.

Untuk memastikan tingkat Disiplin PNS, Rosiady mengecek tingkat kehadiran masing-masing Biro, mulai dari BPAD, Biro Umum, Biro Pemerintahan, Biro Organisasi, Biro Ekonomi, Biro Kesra, Biro Humas, Biro Hukum sampai pada Biro Biro Bina Administrasi Pengendalian Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang/Jasa. Bagi eselon II, III, dan IV yang tidak hadir agar ke ruangan saya, perintahnya. Seharusnya pejabat struktural yang memberi contoh, kok dia tidak apel alias tidak disiplin, sesalnya.

Sementara itu Karo Organisasi – Yusron Hadi dalam arahannya di Ruang Rapat Biro Organisasi meminta kepada seluruh PNS lingkup Biro Organisasi agar meningkatkan Disiplinnya, lebih-lebih kita sudah mempunyai Pergub Nomor 14 Tahun 2017 tentang Disiplin PNS. Penegakan Disiplin merupakan kewajiban struktural, karena kita sebagai PNS wajib hukumnya Disiplin, dan PNS pilihan hidup kita, ungkapnya.

Sebenarnya pertemuan seperti ini sudah lama saya ingin laksanakan, tapi karena berbagai kesibukan akhirnya pada pagi hari ini baru bisa dilaksanakan. Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh PNS Biro Organisasi yang telah menunjukkan Kedisiplinannya selama ini, dan bagi PNS yang tingkat Disiplinnya masih rendah, mulai saat ini meri kita tingkatkan disiplin kita. Budaya kerja jangan diucap saja akan tetapi harus diimplementasikan dalam bentuk disiplin, baik disiplin dalam apel pagi, disiplin dalam bekerja, dan disiplin dalam melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai aturan yang berlaku, ajaknya.

Berdasarkan hasil mencermatan saya baik secara langsung pada apel pagi di Lapangan Bumi Gora maupun melihat tingkat kehadiran secara elektronik dan manual, ada beberapa PNS lingkup Biro Organisasi yang tingkat disiplinnya masih rendah. Bagi yang tingkat disiplinnya masih rendah saya minta kepada Kabag Anforjab dan SDA yang membidangi kepegawaian untuk mencatat, dan saya minta langsung selesai rapat ini kepada yang tingkat Disiplinnya rendah agar menghadap ke saya, jelasnya.

Penggunaan absensi sistem elektronik tidak boleh difiktifkan, jangan sampai di absensi sidik jari kehadirannya ada tapi secara fisik tidak hadir. Terhadap hal ini Bagian Anforjab dan SDA harus betul-betul mengawasi dan mencermati, dan yang tidak hadir secara fisik harus dipotong sesuai aturan yang berlaku tanpa kecuali, termasuk saya sekaku Kepala Biro. Mari kita tanamkan budaya kerja melalui disiplin, karena organisasi yang maju, harus dimulai dari Disiplin, terangnnya.

Diakhir arahannya diminta kepada seluruh Kabag dan Kasubbag agar dapat melaksanakan program dan kegiatan yang sudah tertuang dalam DPA sesuai tanggungjawab dan amanah masing-masing, sehingga realisasi fisik dan keuangan dapat terus meningkat. Demikian Yusron Hadi mengingatkan mengakhiri arahannya. (sahar)