RAKOR RB DAN SAKIP 2022 PEMPROV NTB

Pemerintah Provinsi NTB bersama Inspektorat, BPKP Perwakilan Provinsi NTB,  Biro Organisasi  dan seluruh perangkat daerah melaksanakan rakor reformasi birokrasi dan sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Provinsi NTB tahun 2022. Rakor yang dilaksanakan di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur, 24 Februari 2022 dibuka Sekda NTB yang diwakili Karo Organisasi Setda Provinsi NTB – Dr. Nursalim., S.Sos., M.M.

 

Menurut Karo Organisasi Nursalim, rakor diawal tahun ini penting untuk mempersiapkan pelaksanaan RB dan SAKIP Pemerintah Provinsi NTB. Ini langkah awal untuk melakukan koreksi dan perbaikan terhadap dokumen-dokumen RB dan SAKIP 2022. Lebih-lebih ada beberapa regulasi atau kebijakan Pemerintah Pusat untuk dilaksanakan di daerah. Kebijakan tersebut seperti Permenpan RB Nomor 88 Tahun 2021 tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, ungkap Nursalim. 

 

Permenpan RB 88 dengan Permenpan 12 tahun 2015 sesungguhnya tidak ada perbedaan yang sangat signifikan. Hanya terjadi saja terjadi pada penilaian komponen pemanfaatan. Kalau Permenpan 12 pemanfaatan nilainya 24, tapi kalua Permenpan 88 pemanfaatan nilainya 50, jelas Nursalim.

 

Nursalim juga menyinggung masalah budaya kerja di era 4.0. menurutnya dengan adanya budaya kerja di era 4.0 penilaian kinerja ASN lebih selektif lagi. Nantinya budaya kerja dijadikan sebagai dasar pemberian reward dan funishman. Budaya kerja dijadikan sebagai dasar pemberian tunjangan kinerja. Dengan budaya kerja ASN tidak saja dinilai berdasarkan prestasi kerja atau kinerja, akan tetapi dinilai juga terkait prilakunya, sambungnya sembari membuka acara.

 

Sementara itu Kabag RB – Saharudin menjelaskan hasil evaluasi Kemenpan RB 2020 SAKIP Pemerintah Provinsi NTB nilainya 68,53 kategori “B”, mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019 kategori “BB” dengan nilai 70,05. Penurunan nilai SAKIP ini berdampak terhadap dana insentif daerah (DID) yang ditransper ke Provinsi NTB. Mudah-mudahan dengan ikhtiar kita bersama sakip tahun 2022 dapat kita kembalikan ke kategori “BB” dengan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

 

Narasumber rakor RB dan SAKIP diisi selain oleh Kabag RB dan Budaya Kerja, juga Irban II Inspektorat, Irban IV Inspektorat, dan perwakilan dari BPKP Perwakilan Provinsi NTB. (Tim PPID)